Labels

Selasa, 04 Desember 2012

Mudahnya Buka Rekening di BNI Syariah ~TabunganKu iB

Klo artikel sebelumnya saya membahas tentang buka rekening di BRI Syariah, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya buka rekening di BNI Syariah ya... =D

Ceritanya, dua hari setelah saya membuka rekening BRI Syariah, saya berencana buka rekening satu lagi rekening 'Syariah', dan pilihan kali ini jatuh ke BNI Syariah...

Alasan mengapa memilih bank Syariah dibanding bank Konvensional tetep yah... Menghindarkan uang saya dari Riba'... ^_^

Jadi tepatnya pada hari Jumat tanggal 30 November 2012 saya berangkat menuju bank BNI Syariah KC Mikro Rungkut untuk membuka rekening TabunganKu iB, sebenarnya ada banyak jenis tabungan yang disediakan oleh BNI Syariah, salah satunya yang terkenal Tabungan iB Hasanah, tetapi saya lebih memilih TabunganKu iB.

Kenapa?

Klo menurut survei saya via mbah Google, keuntungan menonjol yang dimiliki Tabungan iB Hasanah daripada TabunganKu iB hanyalah dari segi keuntungan bank yang dibagikan kepada nasabahnya, sedangkan TabunganKu iB bersifat titipan, sehingga bank berhak tidak memberikan keuntungan apapun kepada nasabahnya. Bagi saya hal itu tidak masalah, karena saya sendiri g begitu minat dengan keuntungan bank, dan yang saya prioritaskan disini yaitu BEBAS BIAYA ADMINISTRASI, sedangkan Tabungan iB Hasanah ada biaya administrasi tiap bulannya. Oleh karena itu saya memilih TabunganKu iB... ^_^

Kali ini saya tidak akan membahas perbandingan kedua jenis tabungan tersebut yah... Saya hanya akan membahas jenis tabungan saya saja yaitu TabunganKu iB... Jika ada yang ingin tau lebih lanjut tentang Tabungan iB Hasanah bisa dilihat disini.

Step awal saya buka rekening hampir sama ya dengan cara buka rekening di bank-bank pada umumnya. Awalnya saya masuk dengan dibukakan pintu oleh satpamnya dan saya dibawa ke Teller setelah saya mengemukakan tujuan untuk membuka rekening.

Karena saya langsung bilang mau buka rekening TabunganKu iB, maka pihak Teller tidak lagi menawarkan saya jenis tabungan yang akan saya ambil, saya tinggal mengisi form, memberikan KTP untuk difotokopi oleh pihak Teller, dan tanda tangan beberapa form, serta memberikan biaya administrasi Rp 11.000 dan setoran awal Rp 20.000. Biaya administrasi sudah termasuk biaya infaq Rp 500 dan biaya pembuatan kartu ATM Rp 4500.

Niat awal saya membuka rekening BNI Syariah adalah untuk bisnis, agar lebih mempermudah saya, hal yang saya tanyakan pertama kali ke Teller yaitu apakah BNI Syariah bisa mengirimkan notifikasi otomatis setiap kali ada transaksi yang masuk ke rekening saya?

Dan ternyata bisaaa... =D
Ini yang saya butuhkan, setoran awal hanya Rp 20.000 dan bebas administrasi bulanan, serta fasilitas yang saya butuhkan yaitu bisa notifikasi otomatis via sms dan internet banking...

Namun sayang, untuk transaksi antar bank masih dikenakan potongan biaya dan terdapat biaya-biaya tertentu, namun menurut saya biaya-biaya yang dikenakan lebih 'terjangkau' dibandingkan Tabungan iB Hasanah... ^_^

Setelah selesai, buku tabungan sudah bisa dibawa pulang. Namun sayang pembuatan kartu ATM menurut saya sangat lambat, Teller BNI Syariah KC Mikro Rungkut berjanji akan menghubungi saya setelah kartu ATM jadi 10 hari kemudian, namun pada kenyataannya kartu ATM saya baru selesai 19 hari kemudian (sehari lagi jadi genap 20 -_-'), otomatis no rekening saya baru aktif setelah kartu ATM jadi.

Tapi saya cukup puas dengan kemampuan bank BNI Syariah dalam menyediakan layanan notifikasi transaksi debet/kredit via sms, itulah yang saya butuhkan... ^_^

Untuk lebih lengkap tentang TabunganKu iB bisa dilihat disini.

Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuka rekening dengan tujuan untuk transaksi bisnis, namun tetap berada pada kaidah Islam/Syariah... Sebenarnya ada banyak bank Syariah di luar sana, Anda bisa survei lebih lanjut via mbah Google, sebenarnya sebelum saya berniat buka rekening di BNI Syariah saya ingin membuka rekening di Mandiri Syariah, namun bisnis saya agak sedikit kesulitan jika bertransaksi dengan bank Mandiri, sehingga akhirnya saya menghentikan niat saya waktu itu...

Namun sekali lagi artikel ini bukanlah untuk membandingkan bank satu dengan bank lainnya, disini saya hanya sharing informasi saja...

Dalam pengelolaannya yang 'Syariah', bank BNI Syariah diawasi terus oleh Dewan Pengawas Syariah, sehingga nasabah tak perlu lagi meragukan Halal atau tidaknya tabungan Anda... ^_^



Regards,
Dicksena Sesarani

@dicksena_yuki | Pin: 326F2AC5
www.ourbusiness.tk
Comments
17 Comments

17 comments:

  1. Kak ,mau tanya ,ada saldo mengendap gak di rekeningnya ? Notifikasi smsnya gratis apa nyedot pulsa ? Mohon penjelasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mengendap bagaimana ya mas?
      Klo rekening yg saya ulas miniman saldonya 20rb mas, dan klo kurang dari itu akan dikenakan biaya tambahan...
      Klo notifikasi sms dikenakan biaya reguler/normal sesuai dengan kebijakan provider masing2... =)

      Hapus
  2. kak ikut tanya, aku punya rek bni konvensional dan aku rencana mau buka tabunganku bni syariah. kalo aku nggak nabung selama beberapa bulan tapi aku transfer terus dari rek bni konven apakah rekeningnya ditutup? potongan per bulan dari penggunaan kartu atm berapa? terimakasih

    BalasHapus
  3. Kayaknya ini yang mendekati syari'at, insya Alloh

    BalasHapus
  4. kak kalo mau bikin tabungan bni syariah tapi bikinya di bank bni konvensional bisa ga?

    BalasHapus
  5. bisa utk pembuatan rek bni syariah di bni induk(konvensional)

    BalasHapus
  6. tanya klo mau buka rek. Bni syariah diluar domisili ktp bisa nggk ya, atau ada syarat khusus?

    BalasHapus
  7. saya udah punya Tabunganku BNI Syariah dari tahun 2011, emang pembuatan Kartu ATM nya lama, tapi yang penting gratis biaya di jaringan ATM BNI yg sangat bnyak dan di mana-mana, selain itu di kartu ATM tertera nama kitam, keren gitu lho,, bank lain skrg cuma nawarin kartu atm instant tanpa nama, namun skrg saya ganti pake tabungan iB Hasanah, dan itu juga bebas biaya lhoo.. kaga tau kan?? hhaha,, bukunya keren lagi warna ijo,, hhoho,, :)

    BalasHapus
  8. untuk kartu debit bagaimana ? apa bisa ?
    Untuk transaksi dengan google kan kita butuh kartu debit. Apa dengan dengan kartu debit BNI SYARIAH bisa ?

    BalasHapus
  9. Apakah setorannya bisa di BNI convensional? Maaf masih belum yakin bisa dan enggaknya. Thanks be4

    BalasHapus
  10. klo bni syariah paling enk yg akan mana gan?

    BalasHapus
  11. Itu kartunya bisa dipake belanja gak? Alias kartu debit?

    BalasHapus
  12. Trimakasih, informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  13. Mbak dicksena yuki, saya ingin bercerita skaligus bertanya, beberapa bulan lalu bni syariah buka cabang di luarnegri, tepatnya ditaiwan tempat saya bekerja, mereka menawarkan pembukaan rekening dg setoran awal minimal nt$ 2000(dollar Taiwan) seedangkan uang yg masuk ditabungan Rp. 400.000,.Padahal kurs 1dolar = Rp 436,. Knapa biaya administrasinya bisa sebesar itu? Kemudian utk tahap menabungnya kita dikenakan biaya menabung sebesar 150dolar(sekitar Rp 65.000) per 1x nabung, Dan yang membuat saya kecewa Knapa saya ditolak utk melakukan print tabungan BNI taplus punya saya,kebetulan tabungannya saya bawa,dan pihak dari BNI syariah ini bilang "kalau kamu nabung dulu baru boleh"seperti intimidasi Kansas? Padahal pada pertemuan sebelumnya sudah saya tanyakan apakah boleh saya print out tabungan bni yg bukan BNI syariah? Jawabnya "boleh". Yang selalu terpikir dan jadi pertanyaan saya adalah apakah pelayanan bank milik negara seperti itu?
    Buat teman2 yg membaca tulisan saya mohon bisa melanjutkan pertanyaan saya ini pada pimpinan Bank BNI atau yg terkait lainny, apakah benar tidak ada pelanggaran disana sedangkan saya sendiri termasuk nasabah Bank BNI. Apakah dg konten Syatiahnya dibenarkan pelayanan seperti itu?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  14. Mbak dicksena yuki, saya ingin bercerita skaligus bertanya, beberapa bulan lalu bni syariah buka cabang di luarnegri, tepatnya ditaiwan tempat saya bekerja, mereka menawarkan pembukaan rekening dg setoran awal minimal nt$ 2000(dollar Taiwan) seedangkan uang yg masuk ditabungan Rp. 400.000,.Padahal kurs 1dolar = Rp 436,. Knapa biaya administrasinya bisa sebesar itu? Kemudian utk tahap menabungnya kita dikenakan biaya menabung sebesar 150dolar(sekitar Rp 65.000) per 1x nabung, Dan yang membuat saya kecewa Knapa saya ditolak utk melakukan print tabungan BNI taplus punya saya,kebetulan tabungannya saya bawa,dan pihak dari BNI syariah ini bilang "kalau kamu nabung dulu baru boleh"seperti intimidasi Kansas? Padahal pada pertemuan sebelumnya sudah saya tanyakan apakah boleh saya print out tabungan bni yg bukan BNI syariah? Jawabnya "boleh". Yang selalu terpikir dan jadi pertanyaan saya adalah apakah pelayanan bank milik negara seperti itu?
    Buat teman2 yg membaca tulisan saya mohon bisa melanjutkan pertanyaan saya ini pada pimpinan Bank BNI atau yg terkait lainny, apakah benar tidak ada pelanggaran disana sedangkan saya sendiri termasuk nasabah Bank BNI. Apakah dg konten Syatiahnya dibenarkan pelayanan seperti itu?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  15. Perbedaan kartu atm instan sma yang ada namanya itu apa y?trima ksih

    BalasHapus
  16. Perbedaan kartu atm instan sma yang ada namanya itu apa y?trima ksih

    BalasHapus

 
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan